HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN KLIEN INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT ELISABETH MEDAN TAHUN 2018

  • Samfriati Sinurat STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Lilis Novitarum STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Iman Bahagia Halawa STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: KOMUNIKASI TERAPEUTIK

Abstract

Emergency Installation (IGD) is one of the main lines of help to clients. Therapeutic communication is required in dealing with clients with emergency situations. Therapeutic communication is the most important factor used to establish therapeutic relationships between nurses and clients.
Goals : The purposed of this research to analyze therapeutic communication relationship of nurse with client satisfaction at IGD RS Santa Elisabeth Medan.
Methods: This study used a cross-sectional approach with accidental sampling technique of 94 respondents.
Result : Based on Fisher's Exact Test with p value = 0,018 <0,05 meaning there is significant relation between therapeutic communication of nurse with Client satisfaction at Emergency Installation of Santa Elisabeth Medan Hospital.
Conlcution : To improve the excellent service to clients, it is expected that nurses will apply therapeutic communication and improve their skills to communicate by attending training or seminars.

References

Abdul, dkk. (2011). Komunikasi Dalam Keperawatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba medika
Aswad, Mulyadi & Lolong. (2012). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. (Online), (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/8086/7647, diakses 7 Januari 2017)
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Cahyaningrum, (2012). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Klien Rawat Jalan Poliklinik Umum Peserta PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta) Di RSUD Kota Surakarta. (online),
(http://eprints.ums.ac.id/22306/25/NASKAH_PUBLIKASI.pdf, diakses 5 Januari 2017)
Fitria & Shaluhiya, 2014. Analisis Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Rawat Inap RS Pemerintah dan RS Swasta. (online), (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jpki/article/download/12733/9542, diakses 7 Januari 2017)
Hair, J. F., (2010). Multivariate Data Analysis, New Jersey: Prentice Hall.
Hajarudin. 2014. Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Klien Di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta. (Online), (http://thesis.umy.ac.id/datapublik/t34289.pdf, diakses 7 Januari 2017).
Hamdani. T. (2012). Pengetetahuan Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik Dengan Perilaku perawat. (Online), (file:///C:/Users/OWNER/Documents/Tinggi,%20sedang,%20rendah.pdf, diakses 7 Januari 2017).
Mahmud M., Zees R. F, & Kaisim V. N. (2014). Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapeutik Dengan Kemampuan Komunikasi Terapeutik Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Pada Klien Di Ruang Rawat Inap RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. (Online), (http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIKK/article/download/10444/10323, diakses 5 Januari 2017)
Mumu L. J., Kandou G. D., & Doda D. V. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Klien di Poliklinik Penyakit Dalam
RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado (online) (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/download/7460/7530, diakses 5 Januari 2017)
Notoadmojo. S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika
Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 5. Jakarta:Salemba Medika
Sandra. 2013. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Klien Di Ruang Instalasi Rawat Inap Non Bedah (Penyakit Dalam Pria Dan Wanita) Rsup Dr. M. Djamil Padang. (online), (http://lppm.unmas.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/12-Rhona-Sandra-KL1.pdf, diakses 20 Desember 2016)
Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sheldon. K.S. 2010. Komununikasi Untuk Keperawatan Berbicara Dengan pasien. Edisi 2. Erlangga
Shintana & Siregar. 2012. Pengetahuan Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik Dengan Perilaku Perawat. (Online), (file:///C:/Users/OWNER/Documents/Baik,%20cukup,%20dan%20kurang.pdf, diakses 4 Januari 2017)
Solihat. E. 2013. Hubungan Persepsi Kepuasan Klien Dan Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat Pt. Rumah Sakit Pelni Jakarta 2013. (online), (http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-112-COVER.pdf, diakses 5 Januari 2017)
Sujakweni, Wiratna. V. (2013). Metodologi Penelitian. Cetakan I. Yogyakarta: PT Pustaka Baru
Suryani. 2015. Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik. Edisi 2. Jakarta: EGC
Susanti, 2016. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Klien Dengan Riwayat Penyakit Kronis Di Ruang Bougenvile Rsud Ciamis 2016. (online), (http://www.ejournal.stikesmucis.ac.id/file.php?file=preview_mahasiswa&id=1037&cd=0b2173ff6ad6a6fb09c95f6d50001df6&name=12SP277042.pdf, diakses 21 Desember 2016)
Susilo. W. H. (2012). Biostatistika Lanjut Dan Aplikasi Dengan SPSS dan Lisrel. Trans Info Media
Sutomo, Machfoedz, & Winarti. (2013). Riset Keperawatan. Yogyakarta: Fitramaya
Tulumang, Kandou, & Tilaar. 2015. Tingkat Kepuasan Klien atas Pelayanan Rawat Jalan di
Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R. D. Kandou Malalayang – Manado. (online), (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/download/7861/7946, diakses 8 Januari 2017)
Wiyono, Sulastri, & Dewi. 2016. Gambaran Tingkat Kepuasan Klien Tentang Pelayanan Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo. (online), (http://eprints.ums.ac.id/43548/4/Naskah%20jadi.pdf, diakses 20 Desember 2016)
Published
2018-06-11
How to Cite
Sinurat, S., Novitarum, L., & Halawa, I. (2018). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN KLIEN INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT ELISABETH MEDAN TAHUN 2018. Elisabeth Health Jurnal, 3(1), 71-79. https://doi.org/10.52317/ehj.v3i1.235