HUBUNGAN SELF REGULATION DENGAN KINERJA DOSEN STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2018

  • Samfriati Sinurat STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Lindawati Simorangkir STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Yeni Adytia Laoli STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: Self Regulation, Kinerja Dosen

Abstract

Self Regulation merupakan cara dosen menampilkan serangkaian tindakan yang ditujukan untuk pencapaian target dengan melakukan perencanaan terarah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dosen yang regulasi dirinya baik adalah dosen yang secara metakognitif, motivasional dan behavioral aktif dalam pekerjaan atau kinernyanya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self regulation dengan kinerja dosen di STIKes Santa Elisabeth Medan. Metode : Desain dalam penelitian ini menggunakan rancangan survey analitik dengan metode cross sectional dengan total sampling yaitu seluruh dosen yang aktif bekerja di STIKes Santa Elisabeth Medan sebanyak 30 responden.Instrumen yang digunakan adalah kuesioner self regulation dikembangkan oleh Miller & Brown (1991) dan kinerja dosen adalah kuesioner ABFI Institute Perbanas (2010). Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen memiliki self regulation baik sebanyak 15 orang (50.0%) dan sebagian besar dosen memiliki kinerja baik sebanyak 20 orang (66.7%). Hasil Fisher’s Exact Test didapatkan p=0.001 (p<0.05), sehingga ada hubungan self regulation dengan kinerja dosen di STIKes Santa Elisabeth Medan. Kesimpulan : Dosen diharapkan lebih mengembangkan self regulation untuk meningkatkan kinerja yang bermutu di STIKes Santa Elisabeth Medan.

References

Aisyah, S. (2016). Regulasi Diri Dalam Belajar Mahasiswa Yang Bekerja.(Online).Jurnal al-ta’di diakses 27 November 2017.
Arjanggi, R & Setiowati, E.(2013).Meningkatkan BelajarBerdasar Regulasi Diri melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.(Online).Jurnal psikologidiakses 27 November2017
Artuch, R. (2017).Relationship Between Resilience and Self-Regulation: A Study of Spanish Youth at Risk ofSocial Exclusion.(Online).ncbi.nlm.nih.g ov diakses 8 Januari 2018
Azhari, R.T & Mirza.(2016).Hubungan Regulasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Syiah Kuala.(online). mediapsi.ub.ac.id di akses 27 November 2017.
Azmi, S. (2016).Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar.(Online).Psikologi forum UMMdiakses 14 September 2017
Ekawanti, S & Mulyana O. P. (2016).Regulasi Diri dengan Bornout pada Guru.(Online).jurnal psikologi teori dan terapan diakses 27 November 2017
Fauzi, A, Perdana, P & Handarini, D. (2016).Analisis Trend Kinerja Pengajaran Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Mulai Tahun 2010 s.d 2015.(Online).Jurnal ilmiah econosains di akses 27 November 2017
Hidayat, A. (2012).Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah.Edisi 2.Jakarta : salemba Medika
Ilbert, R. (2015).Pengaruh Kompensasi Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen.(Online) jurnal ilmu kesehatandiakses 27 November 2017
Jakesova, J. (2016).Self-Regulation of Behaviour: Student Versus Other Adults.(Online).researchgate.net diakses 9 Januari 2018.
Jatmika, D, Sudarji, S. & Argith, D. (2013).Gambaran Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Program Studi Psikolog Universitas “X”.(Online).jurnal universitas bunda mulia diakses 14 September 2017.
Juliati.(2013).Analisis Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Di STIKes Putra Abadi Langkat.(Online).jurnal psikologi USU diakses 10 Januari 2018.
Murray & Christopoulus.(2016).Seven Key Principles of Self-Regulation and Self Regulation in Context.(Online).Jurnal acf.hhs.gov diakses 9 Januari 2018. Notoadmojo (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo. (2012). Metodologi Pendidikan Kesehatan. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Nuraisya, W, Wirakusumah, F, Judistiani, T. (2013).Konstribusi Stresor dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Berdasarkan Uraian Tugasnya di Institusi Pendidikan Kesehatan Karya Husada Kediri (Sebuah Analisis Jalur).(Online).Jurnal pendidikan kedokteran indonesiadi akses 27 November 2017.
Nursalam (2014).Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan edisi 3. Jakarta: Salemba Medika. Permanasari, R, Setyaningrum, R & Sundari, S. (2014).Model Hubungan Kompetensi, Profesionalisme, dan Kinerja Dosen. (Online).Jurnal bisnis, manajemen dan perbankandi akses 11 Desember 2017. Hubungan Self Regulation Dengan Kinerja Dosen STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun Tahun 2018 10
Pichardo, C. (2014).Factor Structure of the Self-Regulation Quesionare (SRQ) at Spanish Universities.(Online).ncbi.nlm.nih. gov/pubmed diakses 9 Januari 2018. Polit, D. (2010).Nursing Research Appraising Evidence for Nursing Practice, Seventh Edition.New York: Lippincott.
Rizanti, D. F. (2013).Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menghafal Alquran Pada Mahasantri Ma‟had „Aly Masjid Nasional Al-akbar Surabaya(online). jurnal mahasiswa unesa diakses 4 Oktober 2017.
Sasrya, R & Julia S. (2013).Hubungan Antara Self-Regulation dan Self-Esteem pada Mahasiswa Psikolog Jenjang Sarjana.(Online).ejournal psikologi fisip unmul diakses 4 Januari 2018.
Setyoningsih, L. (2015).Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali.(Online).jurnal psikologi diakses 27 November 2017.
Sudiro.(2015). Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, dan Persepsi Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Politeknik Indonusa Surakarta.(Online).jurnal sainstech politeknik indonesia surakarta di akses 27 November 2017.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif dan R and D. Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta
Whittaker, AA. (2015).Effects of Team-Based Learning on Self Regulated Online Learning.(Online).Int. J. Nurs. Education.Scholarship /diakses 14 September 2017. Williamson, G. (2015).Self-Regulated : An Overview of Metakognitif, Motivation, and Behaviour.(Online).journalworld widescience.org diakses 9 Januari 2018. Yahya, Z & Fitri H. (2014).Analisis Kompetensi Terhadap Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau).(Online).ejournal psikologi uin diakses 6 Januari 2018. Zapata, F. (2014).Personal Self-Regulation As A Variable Student (Presage).(Online).journal unbc diakses 8 Januari 2018
Published
2018-12-12
How to Cite
Sinurat, S., Simorangkir, L., & Laoli, Y. (2018). HUBUNGAN SELF REGULATION DENGAN KINERJA DOSEN STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2018. Elisabeth Health Jurnal, 3(2), 73-83. https://doi.org/10.52317/ehj.v3i2.250