Hubungan Kesadaran Perawat Dengan Penerapan Patient Safety Di Ruang Internis Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan

  • Lindawati F Tampubolon Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Mei Anugrah Waruwu STIKes Elisabeth Medan
  • Samfriati Sinurat Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Lili Suryani Tumanggor Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: Nurse Awareness Patient Safety, Implementation,

Abstract

Latar Belakang : Patient safety merupakan suatu proses pemberian pelayanan rumah sakit terhadap pasien yang lebih aman. Proses ini mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.

Metode Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan rancangan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 51 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.

Hasil : penelitian menunjukkan bahwa mayoritas perawat memiliki kesadaran dalam menerapkan patient safety dengan kategori baik (76,5%).dan mayoritas penerapan patient safety  termasuk dalam kategori baik (96,1%). Hasil uji statistik menunjukkan nilai pvalue 0,419 yang berarti tidak ada hubungan kesadaran perawat dengan penerapan patient safety diruang internis rumah sakit santa elisabeth medan tahun 2021

Pembahasan : Penelitian ini Diharapkan dapat digunakan evaluasi pelaksanaan patient safety di lingkungan Rumah Sakit agar dapat meningkatkan budaya patient safety yaitu adanya SOP, media monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan patient safety yang dilakukan oleh tenaga medis sarana prasarana yang memadai, melakukan pelatihan tentang budaya keselamatan pasien secara berkesinambungan, serta sistem pelaporan setiap insiden terarah dan ditindak lanjuti.

Published
2022-06-30
How to Cite
Tampubolon, L., Waruwu, M., Sinurat, S., & Tumanggor, L. (2022). Hubungan Kesadaran Perawat Dengan Penerapan Patient Safety Di Ruang Internis Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Elisabeth Health Jurnal, 7(1), 17-21. https://doi.org/10.52317/ehj.v7i1.399