Hubungan Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2022

  • Vina Yolanda Sari Sigalingging Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Ruth Juliyanti Simanjorang Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Ernita Rante Rupang Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Mardiati Barus Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: Motivation Job Satisfaction Nurse

Abstract

Latar Belakang : Rumah sakit mengalami berbagai masalah yang berhubungan dengan tenaga keperawatan dan pelayanan keperawatan. Salah satu masalah tenaga keperawatan adalah rendahnya kepuasan kerja perawat. Rendahnya tingkat ketidakpuasan perawat dilihat dari tingkat ketidakhadiran yang tinggi. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor motivasi. Kepuasan kerja dan motivasi kerja inilah yang dapat mempengaruhi kinerja karyawannya ke tingkat keberhasilan dalam melaksanakan tugasnya serta mengarahkan kemampuannya mencapai tujuan yang diinginkannya.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2022.P

Metode : Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling, jumlah sampel 57 responden. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner. Analisa stastistik menggunakan uji Chi Square.

Hasil : Hasil penelitian yang diperoleh dari Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2022 mayoritas perawat yang memiliki motivasi kerja rendah sebanyak 30 responden (52,6%) dan perawat yang memiliki kepuasan kerja rendah sebanyak 32 responden (56,1%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2022 (p-value= 0,026).

Kesimpulan : Diharapkan perawat dapat meningkatkan motivasi kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Semakin tinggi motivasi kerja perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan maka semakin tinggi pula kepuasan kerja perawat dalam bekerja.

Published
2022-06-30
How to Cite
Sigalingging, V., Simanjorang, R., Rupang, E., & Barus, M. (2022). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2022. Elisabeth Health Jurnal, 7(1), 50-58. https://doi.org/10.52317/ehj.v7i1.403