Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun

  • Lailaturohmah S.ST.,M.Kes Stikes Ganesha Husada
Keywords: Metode bercerita, Gambar, Perkembangan bahasa, Anak prasekolah.

Abstract

Latar Belakang : Anak-anak prasekolah sering mengalami hambatan dalam perkembangan bahasa dan bicara karena kurangnya rangsangan yang mereka terima. Anak-anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa mereka cenderung kesulitan dalam komunikasi, interaksi sosial, dan prestasi akademik di masa depan.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan uji one group pre-post desain. Terdapat 36 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Variabel bebas adalah penggunaan metode bercerita dengan gambar, sementara variabel terikat adalah perkembangan bahasa anak prasekolah usia 4-6 tahun. Hasil analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon Test.

Hasil : Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, yang lebih rendah daripada taraf signifikansi α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita dengan gambar terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah usia 4-6 tahun di RA Ar-Rahman Kota Kediri.

Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode bercerita dengan gambar dapat meningkatkan perkembangan bahasa pada anak prasekolah. Penggunaan metode bercerita dengan media gambar bermanfaat bagi perkembangan bahasa anak karena melalui pendekatan ini, indra pendengaran anak dapat optimal dalam mendukung kemampuan berbicara mereka, dan secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata anak

References

Anita. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al-Shifa, 6, 161–80.

Azhar. (2021). Media Gambar sebagai Alat Pembelajaran Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Bicara Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 86-93.

Dhieni, Nurbiana. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Departemen Rehabilitasi Medik RSCM. (2021). Laporan Tren Gangguan Bicara dan Bahasa pada Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Giliwati, Desak Made, et al. (2019). Penerapan Metode bercerita berbantuan Media Gambar Model Accordion untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelas TK B.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). (2021). Data Surveilans Gangguan Bicara-Bahasa pada Anak. Jakarta: IDAI

Linda. (2017). Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah: Tinjauan Umum. Jurnal Psikologi Anak, 2(2), 64-72.

Madyawati, Lilis. (2018). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Maryunani, A. (2020). Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta: CV.Trans Info Media.

National Center for Health Statistic (NCHS). (2021). Laporan Statistik Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Pusat Data Kesehatan Anak.

Nugraha A., S., M., et al. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sikap Mandiri Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Bangli Tahun Ajaran 2018/2019. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Patmonodewo. (2019). Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak: Teori dan Aspek Perkembangan. Jurnal Psikologi Perkembangan, 3(2), 81-89.

Rusniah. (2018). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di TK Malahayati. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 114-130.

Sanjaya, Ari. (2019). Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Dan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru, 1.

Susanto, Ahmad. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Syakir Abdul Azhim. (2018). Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Depok: Gema Insani Press.

Published
2023-12-30
How to Cite
S.ST.,M.Kes, L. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun. Elisabeth Health Jurnal, 8(2), 103-110. https://doi.org/10.52317/ehj.v8i2.558