HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL PERAWAT DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT MEDIKAL BEDAH RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2023

  • Samfriati Sinurat Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Ance M Siallagan Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Lili Suryani Tumanggor Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Devi Fitriyah Manalu Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: kecerdasan, pemenuhan kebutuhan, spiritual, perawat

Abstract

Latar Belakang : Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang untuk memperlakukan orang lain sebagai jati diri sendiri serta dapat memberi motivasi yang mendasari setiap perbuatan dan kepribadian yang semuanya dilakukan tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri tetapi lebih memperhatikan kepentingan  banyak orang dan dengan melandaskan  dasar kesetaraan sebagai manusia. Pemenuhan kebutuhan spiritual merupakan suatu perbuatan yang dapat diperlihatkan dengan memberikan rasa kasih sayang, rasa empati dan membantu dalam spiritual seperti mendampingi pada saat melakukan kerohaniawan. Semakin tinggi kecerdasan spiritual seorang perawat maka akan tinggi pula untuk dapat pemenuhan kebutuhan spiritual pasien.

Metode penelitian: Metode penelitian  ini menggunakan desain cross sectional dengan menggukan teknik pengambilan sampel total sampling yang berjumlah 30 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner kecerdasan spiritual perawat dan kuesioner pemenuhan kebutuhan spiritual pasien.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menujukkan dari 30 responden sebanyak 22  responden (73,3%) memiliki kercerdasan spiritual tinggi dan 8 responden (26,7%) memeliki kecerdasan spiritual. Sedangkan dari 30 responden sebanyak 15 responden (50%) memiliki pemenuhan kebutuhan spiritual tinggi, 13 responden (43,3%) memiliki pemenuhan kebutuhan spiritual sedang dan sebanyak 2 responden (6,7%) memeliki pemenuhan kebutuhan spiritual rendah. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara kecerdasan spiritual perawat dengan pemenuhan kebutuahn spiritual pasien di ruaang medikal bedan Rumaha Sakit Santa Elisabeth Medan tahun 2023 dengan hasil uji spearman rank, diperoleh p value = 0,098.

Kesimpulan :  Oleh sebab itu perlu adanya penelitian lanjutan dengan faktor lain yang mendukung pemenuhan kebutuhan spiritual pasien untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas

References

Ade Herman Surya Direja, Loren Juksen, E. S. M. (2022). 1. 5.

Pelealua, A., Pakayab, F., & Sofyan, S. (2020). HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL PERAWAT DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR . HASRI AINUN HABIBIE. 2(1), 40–45.

Sari, Y., & Sidabutar, R. R. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Dengan Kemampuan Pemenuhan Kebutuhan Spritual Terhadap Pasien Cemas Di Ruang ICU RSU Sundari Medan. 4(2).

Syukur, S. B., & Asnawati, R. (2022). PERAN PERAWAT SEBAGAI CARE GIVER DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP INTERNA RSUD dr HASRI AINUN HABIBIE PROVINSI GORONTALO. Jurnal Zaitun Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Wulandari, V. L. (2016). Hubungan antara kecerdasan spiritual perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di ruang perawatan intensif RSUD DR.Moewardi. Skripsi, 73.

Wurdiana Shinta, L. E. (2021). Plagiarism Checker X Originality Report. Jurnal Edudikara, 2(2), 3–5.

Published
2023-12-30
How to Cite
Sinurat, S., Siallagan, A., Tumanggor, L., & Manalu, D. (2023). HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL PERAWAT DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT MEDIKAL BEDAH RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2023. Elisabeth Health Jurnal, 8(2), 163-168. https://doi.org/10.52317/ehj.v8i2.575