Efektivitas Senam Kaki Diabetik Terhadap Peningkatan Perfusi Perifer Pada Pasien Dengan Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil

  • Riska Oktariani Sitanggang AKPER YAPPKES ACEH SINGKIL
  • Isma Sawitri AKPER YAPPKES ACEH SINGKIL
  • Kamalia Pohan AKPER YAPPKES ACEH SINGKIL
Keywords: Diabetic Foot Exercises, Peripheral Perfusion

Abstract

Latar Belakang : Diabetes Mellitus merupakan penyakit mematikan karena dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan komplikasi seperti ketoasidosis, stroke, retinopati, dan neuropati. Neuropati perifer dan penyakit vaskuler perifer menyebab penurunan perfusi perifer yang akan mengawali terjadinya hipoksia jaringan. Dampak lebih lanjut berakibat terjadinya kerusakan jaringan dan timbul ulkus kaki diabetik atau ganggren pada penderita. Latihan aktifitas fisik merupakan cara yang sangat penting untuk dilakukan terutama dalam menangani peningkatan glukosa dalam darah. Senam kaki diabetik merupakan cara untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki yang bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah yang dialami.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas senam kaki terhadap peningkatan perfusi perifer pada pasien dengan Diabetes Mellitus.

Metode : Penelitian ini dengan pendekatan studi kasus yang mencakup pengkajian unit penelitian secara intensif.

Hasil : Pentingnya pemberian senam kaki diabetik yaitu agar terjadinya peningkatan perfusi perifer. Pperfusi perifer meningkat dapat mencegah terjadinya ulkus diabetikum. Senam kaki diabetik merupakan salah satu bentuk lima pilar penatalaksanaan penyakit Diabetes Mellitus yang bertujuan untuk meningkat perfusi perifer.

Kesimpulan : Senam kaki diabetik efektif meningkatkan perfusi jaringan perifer pada pasien dengan Diabetes Mellitus dan merupakan strategi penting untuk menurunkan kadar glukosa darah pada pasien hiperglikemia.

References

Anggriyana. (2010). Senam Kesehatan Aplikasi Senam Untuk Kesehatan. http://Scholar.google.co.id.

Astuti. (2018). Description of Nursing Diabetes Mellitus Tipe II. http://Repository.Poltekes-Denpasar.ac.id

Agustini, P. (2020). Tingkat Penerimaan Diet dan Lama Rawat Inap Pasien Diabetes Mellitus di RSUD Wangaya Denpasar. http://Respository.Poltekes-Denpasar.ac.id

Andiresta, F. (2021). Asuhan Keperawatan Pada Klien Diabetes Mellitus. http://Respository.bku.ac.id

Aceh, D. (2022). Profil Kesehatan Aceh Tahun 2021. http://dinkesacehprov.go.id.

Bagas. (2017). Asuhan Keperawatan Ketidakefektifan Perfusi Jaringan Perifer di Ruang Azzara II Rumah Sakit Islam Jemusari. http://Repository.unusa.ac id.

Ernawati. (2018). Konsep Metodologi Keperawatan Sebagai Konsep Dasar Asuhan Keperawatan. http:/Repository.itsk.-soepraoen.ac.id.

Fairuz. (2020). Analisis Pengendalian Internal Atas Sistem dan Prosedur Pengajian Dalam Usaha Mendukung Efisiensi Biaya Tenaga Kerja pada PT Pancaran Samudera Transport, Jakarta. http://Repository.stei.ac.id.

Fatimah. (2015). Pengaruh Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Penurunan Kadar Ga Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Klinik Aula Jombang. http://Repository.Um-Surabaya.ac.id.

Ghoffar. (2019). Metode Penelitian. http://elibrary.unikola.ac.id.

Handoko. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta Bumi Aksara. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. Jakarta. http://Repository.binadarma.ac.id.

Herliawati. (2019). Sensitivitas Kaki Penderita Diabetes Melitus. Jurnal Keperawatan Sriwijaya. http://Repository.Poltekes-Denpasar.ac.id

Himmah. (2020). Pengaruh Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Klinik Aula Jombang. Diakses pada tanggal 22 November 2022 darihttp://Repository.Um-Surabaya.ac.id.

IDF. (2019). Latar Belakang Diabetes Federation. http://scholar.unand.ac.id

Istigfarin. (2021). Metode Penelitian. http://Repository.stiedewantara.ac.id.

Jerau. (2016). Efektivitas Senam Kaki Diabetik dan Senam Ergonomis Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pasien Diabetes Mellitus di Persadia Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum. http://ejournal.Stikestelogoleso.ac.id.

Khairunnisa. (2021). Metode Penelitian. http://Repository.Poltekes.Denpasar.ac.id.

Manurung. (2018). Keperawatan medikal bedah jilid 1. http://Repository.poltekkes-denpasar.ac.id.

Maryanti. (2020). Glukosa Darah, Ulkus Diabetikum, Senam Kaki. https://Jurnal.stikes-aisyiyah- palembang.ac.id.

Maulida. (2020). Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. http://ojs.iai-darussalam.ac.id.

Mulat. (2018). Studi Kasus pada Pasien dengan Masalah Kesehatan ISPA di Kelurahan Barimbung Kecamatan Tamalate Kota Makassar. http://Akper-sadikarsa.ejournal.id.

Nazar. (2021). Edukasi pemantauan glukosa darah secara mandiri terhadap peningkatan pengetahuan. Aceh Singkil.

Nuryatno. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Helvetia Medan. Jurnal JHSP Vol. 1. No.1 Januari 2019. http://eprints.umpo.ac.id

Pahlevi, R. (2021). Jumlah Penderita Diabetes Indonesia Terbesar Kelima di Dunia. http://databoks.katadata.ic.id.

Pramuditya. (2020). Studi Literatur Asuhan Keperawatan Pada Dewasa Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Dengan Masalah Keperawatan Defisien Pengetahuan Tentang Penyakit Diabetes Mellitus. http://eprints.umpo.ac.id.

Pratiwi. (2020). Tingkat Pengetahuan dan sikap Pencegahan Diabetes Mellitus Pada Mahasiswa Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang. http://Respository.unimus.acid.

Putri. (2020). Diabetes Mellitus. http://Repository.poltekkes-Denpasar.ac.id

Santosa dan Rusmono. (2016).Senam Kaki Untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah dan Menurunkan Tekanan Brachial Pada Pasien Diabetes Melitus. MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan, XIV(2). http://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id

Smeltzer dan Bare. (2002). Buku Ajaran Keperawatan Medikal Bedah Brunner dan Suddarth edisi 8. http://Repository.unimus.ac.id.

Soegondo, dkk. (2009). Penatalaksanaan Diabetes Terpadu. Diakses pada tanggal 2 Desember 2022 dari http://Repository.unimus.ac.id.

Suwanti. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien DM Tipe II di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madirun. http://eprints.umpo.ac.id.

Tim Pokja. (2016). Definisi dan Tindakan Keperawatan Dewan Pengurusan Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Jakarta Selatan.

Trisnawati dan Setyorogo. (2013). Faktor Resiko Kejadian Dibetes Mellitus Tipe Ii di Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. http://Repository.upnvj.ac.id.

Wibisono. (2009). Pengaruh Senam Kaki Terhadap Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus di RSU Serang Provinsi Banten. http://Jurnal.umt.ac.id.

Yunita. (2015). Perawatan luka diabetes : berdasarkan konsep manajemen luka modern dan penelitian terkini. http://opac.perpusnas.go

Published
2023-12-30
How to Cite
Sitanggang, R., Sawitri, I., & Pohan, K. (2023). Efektivitas Senam Kaki Diabetik Terhadap Peningkatan Perfusi Perifer Pada Pasien Dengan Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Elisabeth Health Jurnal, 8(2), 169-173. https://doi.org/10.52317/ehj.v8i2.577