HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA 8-12 TAHUN DI UPT SD NEGERI 75 GRESIK
Abstract
Abstrak :
Latar Belakang: Kemajuan teknologi akan semakin meningkat dan berkembang. Laporan dari NewZoo jumlah penggunaan gadget mencapai 3,9 miliyar di tahun 2021 dan terus meningkat dari tahun ketahun sampai tahun 2024 sebanyak +6,1%. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak usia 8 - 12 tahun di UPT SD Negeri 75 Gresik.
Metode: Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Populasi yang teliti berjumlah sebanyak 51 siswa dari kelas 2 sampai 6 di UPT SD Negeri 75 Gresik dan sampel sebanyak 45 siswa dipilih menggunakan sampel non probability memakai teknik purposive sampling. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 berlokasi di UPT SD Negeri 75 Gresik dengan menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan memakai Uji Chi Square dengan nilai signifikansi (ρ < α = 0,05).
Hasil: Hasil penelitian didapatkan dengan penggunaan gadget pada anak usia 8-12 tahun kategori tinggi sebanyak 24 siswa (53,3%), perkembangan sosial kategori lebih dari usia sebanyak 21 siswa (46,7%), dan perkembangan emosional kategori tinggi sejumlah 26 siswa (57,8%). Hasil chi square didapatkan nilai ρ value perkembangan sosial 0,393 > α = 0,05 dan nilai ρ value perkembangan emosional 1,000 > α = 0,05.
Kesimpulan : Tidak ada Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia 8 - 12 Tahun Di UPT SD Negeri 75 Gresik.
References
Agustin, R. P. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Preschool.
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675
Badan Pusat Statistik. (2021). Persentase Penduduk yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah 2019-2021. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/2/395/1/persentase-penduduk-yang-memiliki-menguasai-telepon-seluler-menurut-provinsi-dan-klasifikasi-daerah.html
Baharuddin, N. F. (2020a). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perubahan Perkembangan Psikososial Anak Usia 7-12 Tahun Di SD Negeri Mangkaru 1 Kota Makassar. 11.
Baharuddin, N. F. (2020b). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perubahan Perkembangan Psikososial Anak Usia 7-12 Tahun Di SD Negeri Mangkaru 1 Kota Makassar. International Journal of Hypertension, 1(1), 1–171. http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 7, 2.
Fitriani, R., Utami, N., & Suhirman, S. (2021). Pengembangan Media Smart Roullete Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 5(02), 416–424. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index._php/jga/article/view/4550%0Ahttp://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index._php/jga/article/viewFile/4550/2260
Ibrahim, A. N. A., Erhamwilda, & Inten, D. N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Kepada Anak Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3-4 Tahun Di Kec. Cibeunying Kidul. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 62–68. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3502
Karo, M., Simorangkir, L., Daryanti Saragih, I., Suarilah, I., & Tzeng, H. M. (2024). Effects of mindfulness‐based interventions on reducing psychological distress among nurses: A systematic review and meta‐analysis of randomized controlled trials. Journal of Nursing Scholarship, 56(2), 319-330.
Labudasari, E. (2018). Kata Kunci: Perkembangan Emosi, Sekolah Dasar. Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar.
Marzuki, S., Kistoro, H. C. A., & Ru’iya, S. (2021). Kedisplinan Sholat Siswa Di Smk Muhammadiyah 2 Sleman Ditinjau Dari Pengaruh Penggunaan Gadget. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 5(1), 027. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i1.378
Merianti, L., & Nuine, E. A. (2018). Analisis Hubungan Perkembangan Emosional Anak Umur 8 – 12 Tahun Terhadap Kejadian Sibling Rivalry. Jurnal Endurance, 3(3), 474. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.3242
Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 6(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273
Newzoo. (2021). Newzoo Global Mobile Market Report 2021. Newzoo. https://newzoo.com/insights/trend-reports/newzoo-global-mobile-market-report-2021-free-version
Nursyalasiah, & M, M. M. I. (2020). Makalah Perkembangan Peserta Didik Perkembangan Emosi Dan Perkembangan Sosial Pada Anak Sd. Liquid Crystals, 21(1), 1–17.
Pardede, R., & Watini, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4728–4735. https://jptam.org/index._php/jptam/article/view/1633
Pramesti, J. A. (2019). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Siswa Siswi Kelas IV Dan V Di Sekolah Dasar Negeri Slambur Kabupaten Madiun. Αγαη, 8(5), 10.
Simorangkir, L., Tampubolon, L. F., & Waruwu, C. K. (2023). Hubungan Penggunaan Laptop dengan Neck Pain pada Mahasiswa Prodi Ners. Jurnal Keperawatan, 15(3), 1425-1432.
Simorangkir, L., Ginting, A., Ginting, A. A. Y., Sitepu, A., Saragih, H., Ginting, N., ... & Perangin-angin, M. (2022). The Relationship of Parents' Emotional Intelligence with Child Abuse Events in Children Aged 6-12 Years During the Pandemic of Covid-19. HIV Nursing, 22(2), 674-677.
Sinaga, D., & Lumban Gaol, S. S. (2020). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Penggunaan Media Sosial Pada Anak Usia Sekolah Di Sd Swastasanta Lusia Sei Rotan Medan Tahun 2019. Elisabeth Health Jurnal, 5(02), 43–53. https://doi.org/10.52317/ehj.v5i02.308
Sinurat, S., Novitarum, L., & Gulo, M. N. (2019). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA NERS TINGKAT II STIKes SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2019. Elisabeth Health Jurnal, 4(2), 89–101. https://doi.org/10.52317/ehj.v4i2.272
Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. 169(Icece 2017), 224–227. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.58
Ulfayana, R., Nurhanasah, Astini, B. N., & Ra, I. R. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Kelompok B Di Tk It Anak Sholeh Mataram Tahun 2021. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index._php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING (Jurnal Program Studi PGRA), 6(1), 84–88.
Widiyawati, W., Widiharti, & S, F. F. (2021). Factors Affecting Psychosocial Problems on the College Students Who Experience Smartphone Addiction. 585, 482–487.