Pengaruh Terapi Okupasi Menggunting kertas Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Pada Anak Retardasi Mental: Literatur Review
Abstract
Latar Belakang : Retardasi mental, merupakan kondisi yang ditandai dengan keterbatasan signifikan dalam fungsi intelektual dan keterampilan adaptif, yang mencakup kemampuan sosial dan praktis dalam kedihupan sehari-hari. Kondisi ini biasanya muncul sebelum usia 18 tahun. Dlam peningkatan suatu kemampuan motorik pada anak dengan retardasi mental perlu dilakukan terapi okupasi untuk membantu anak agar dapat hidup lebih mandiri.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain literature review dengan menggunakan tiga database yaitu Google Scholar, Science Direct, dan Proquest untuk mencari artikel-artikel terkait. Artikel yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi seperti publikasi jurnal dalam kurun waktu 2019-2024, populasi anak dengan retardasi mental, dan jurnal yang terakreditasi secara nasional maupun internasional.
Hasil : berdasarkan dari 3 jurnal yang telah direview dengan anak retardasi mental sering mengalami keterbatasan perkembangan motorik, kognitif, bahasa, dan sosial. Terapi okupasi dengan menggunakan aktivitas menggunting kertas memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan motorik pada anak-anak ini.
Kesimpulan : terapi okupasi menggunting kertas memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan motorik pada anak dengan retardasi mental. Penelitian ini memberikan landasan teori yang mendukung penggunaan terapi ini sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik pada anak-anak dengan masalah perkembangan
References
Asriani.,et.,all (2022). Okupasi Terapi dalam Penanganan Kasus Gangguan Perkembangan pada Anak Autis
Heri.,et.all.2020. Terapi Okupasi Memasang Tali Sepatu Terhadap Motorik Halus Pada Anak Tunagrahita Sedang Jurnal Keperawatan Silampari Volume 4, Nomor 1
Karo, M. B., Simorangkir, L., & Gea, L. (2020). LAUGHTER THERAPY REDUCES ANXIETY IN FIRST YEAR STUDENTS OF STIKes SANTA ELISABETH MEDAN IN 2018 [LAUGHTER THERAPY MENURUNKAN ANSIETAS MAHASISWA TINGKAT I STIKES ELISABETH MEDAN TAHUN 2018]. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 7(2), 40-47.
Mahdalena.et.,all. 2020. The Effect of Cutting Occupational Therapy to Increase Soft Motoric of Children With Autism.file:///C:/Users/hp%2014s/Downloads/125947343%20(2).pdf
Nasution.,2020. Gambaran Anak Dengan Retardasi Mental. Jurnal JP3SDM, Vol. 9. No. 2
Nurfadilla.et.,all 2023. Pengaruh Terapi Okupasi terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak berkebutuhanKhusus. https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index._php/won/article/view/608/536
Padilla.,et.all.2021. Pengalaman Orangtua Dalam Merawat
Anak Retardasi Mental, Jurnal Kesmas Asclepius
Volume 3, Nomor 1
Rini.,et.all.2023. Pengaruh Terapi Okupasi Dalam Meningkatkan Kemampuan
Motorik Pada Anak Usia Sekolah : Literature Review jurnal inspirasi
Kesehatan Vol. 1 No. 2.
Saragih & Dewi.2018. Pengalaman Ibu Yang Memiliki Anak Autis di Sekolah Luar Biasa
(SLB) Binjai: Studi Fenomenologi, TALENTA Conference Series
Simorangkir, L., Karo, M. B., Tumanggor, L., Ginting, A., Sitanggang, K. D., Siallagan, A., ... & Khairani, L. (2023). PENDAMPINGAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK MEWARNAI KEPADA PASIEN HALUSINASI DI RUMAH SAKIT JIWA MEDAN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(9), 3427-3431.
Sitepu.2018. Hubungan Spiritualitas Orang Tua Terhadap Perilaku Adaptif Anak Retardasi
Mental di Sekolah Luar Biasa, TALENTA Conference Series
Yanti.et.,all.2021. Pengaruh Terapi Okupasi Untuk Melatih Perkembangan
Motorik Halus Anak Autisme. Jurnal Kesehatan, Volume 10, nomor 2
Yuanita.et.,all.2022. Pengaruh Terapi Okupasi (Dengan Teknik Melipat Kertas
Origami Dan Menggunting Kertas Berpola) Terhadap Perkembangan
Motorik Halus Pada Anak Autis Di Slb Negeri 2 Kota Jambi Jurnal Mauizoh