PENYULUHAN, PEMBAGIAN POSTER, PEMASANGAN SPANDUK DALAM MENANGANI MASALAH KELUARGA BERENCANA (KB) DI DESA SEI TUAN DUSUN III KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG

  • melva saragi INKES SUMUT
Keywords: KB, Penyuluhan, Pembagian Poster, Pemasangan Spanduk

Abstract

ABSTRAK


Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program pelayanan kesehatan yang preventif yang paling dasar dan paling utama bagi wanita. Peningkatan dan perluasan pelayanan keluarga berencana merupakan salah satu usaha menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu yang sedemikian tinggi tingkat kehamilan yang dialami oleh wanita. Banyak wanita yang harus menentukan pilihan kontrasepsi yang sulit, tidak hanya karena terbatas jumlah metode-metode tertentu mungkin tidak dapat diterima sehubungan dengan kebijakan nasional KB, kesehatan individual dan seksualitas wanita atau biaya untuk memperoleh kontrasepsi. Desa Sei Tuan merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang khususnya dusun III desa Sei Tuan dimana sebagian besar masyarakat tidak menggunakan program KB. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang jenis-jenis KB serta efek samping dan manfaat dari masing-masing jenis KB. Dari hasil pengamatan dari 73 KK cakupan keluarga yang mengikuti KB sebesar 27,08% dan cakupan keluaga yang tidak mengikuti KB sebesar 78,92%.

KataKunci: KB, Penyuluhan, Pembagian Poster, Pemasangan Spanduk

References

1. Adiputra, R. DKK. (2016). Hubungan Beberapa Faktor Pada Wanita Pus Dengan Keikutsertaan Kb Suntik Di Desa Duren Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. 10-11.
2. Qomariah, L. (2017). Hubungan Dukungan Suami Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Penggunaan Kb Iud Post Plasenta Di Puskesmas Jetis Yogyakarta. Naskah publikasi Yogyakarta, 5-6.
3. Profil Desa Sei Tuan Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. (2020). Deli Serdang.
4. Profil Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. (2020). Deli Serdang.
5. RI, Kemenkes. (2017). Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga-PIS- PK. Jakarta.
6. Undang-Undang Perguruan Tinggi. (2012). Jakarta.
Published
2022-07-29
How to Cite
saragi, melva. (2022). PENYULUHAN, PEMBAGIAN POSTER, PEMASANGAN SPANDUK DALAM MENANGANI MASALAH KELUARGA BERENCANA (KB) DI DESA SEI TUAN DUSUN III KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Pengabdian Kesehatan (JUPKes), 1(2), 58-62. https://doi.org/10.52317/jupkes.v1i2.431