EDUKASI KESEHATAN DAN PELATIHAN DALAM MENGHADAPI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA BAGI SISWA/I SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA

  • Nurillahi Febria Leswana STIKES Dirgahayu Samarinda
  • Clara Ritawany Sinaga STIKES Dirgahayu Samarinda
  • Maria Elvina Tresia Butar-Butar STIKES Dirgahayu Samarinda https://orcid.org/0000-0003-2348-416X
Keywords: Pembelajaran tatap muka, protokol kesehatan, edukasi, pelatihan

Abstract

Pembelajaran tatap muka merupakan pembelajaran klasikan dimana guru dan siswa bertemu secara langsung atau face to face dalam suatu ruangan kelas. Selama masa pandemi kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda dihentikan sementara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Akan tetapi, dalam waktu dekat ini kegiatan belahar mengajar akan mulai diaktifkan kembali. Oleh sebab itu, penting bagi siswa mempersiapkan diri dalam menghadapi kegiatan belajar di sekolah di tengah siatuasi pandemi. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi penerapkan protokol kesehatan dan pelatihan pembuatan sabun, hand sanitizer, dan pelembab. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan materi mengenai penggunaan sabun dan hand sanitizer, penggunaan masker, dan suplemen kesehatan, serta memberikan pelatihan secara langsung pembuatan sediaan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memahami penerapan protokol kesehatan saat berada di sekolah dan mengetahui prosedur pembuatan sediaan sabun, hand sanitizer, dan pelembab. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kepatuhan peserta untuk menerapkan protokol kesehatan di sekolah dan memiliki pengetahuan untuk membuat sediaan yang dapat digunakan saat berada di lingkungan sekolah.

References

Chaudhary, N.K., Chaudhary, N., Dahal, M., Guragain, B., Rai, S., Chaudhary, R., dkk. (2020) Fighting the SARS CoV-2 (COVID-19) Pandemic with Soap. Preprints 2020, 2020050060.

Kemenkes RI. 2020. Perkembangan COVID19. Diakses pada 27 Juli 2021 pada https://www.sehatnegeriku.kemenkes.go.id

Nissa, S. F., Haryanto, A. 2020. Implementasi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal IKA, 8 (2). 402-409.

Pujiasih, E. 2020. Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Building a Golden Generation by Applying Various Online Learning in the Pandemic of Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). 42–48.

Shodikin Ali Muhammad.2020. Waspadai Covid 19 pada Anak. Laboratorium Mikrobioogi Fakultad Kedokteran Universitas Jember.

Titiek Idayanti, Widya Anggraeni, S. F. U. (2021). Upaya Pencegahan dan Menekan Penyebaran Covid-19 Dengan Sosialisasi Protokol Kesehatan 4M Kepada Masyarakat Desa Gayaman Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto. Journal of Community Engagement in Health. 4(1), 128–131.

WHO (World Health Organisation). (2021). WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. https://covid19.who.int/ diakses pada tanggal 12 Juli 2022.
Published
2022-07-29
How to Cite
Leswana, N., Sinaga, C., & Butar-Butar, M. (2022). EDUKASI KESEHATAN DAN PELATIHAN DALAM MENGHADAPI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA BAGI SISWA/I SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI SAMARINDA. Jurnal Pengabdian Kesehatan (JUPKes), 1(2), 5-12. https://doi.org/10.52317/jupkes.v1i2.436