P Penyuluhan Tentang Pentingnya Membatasi Diri Dalam Pergaulan Dan Bermedia Sosial di Lembaga Kursus Universal Technology Computer (UTC)

  • RIRI SAFITRI INSTITUT KESEHATAN MEDISTRA LUBUK PAKAM
  • Novita Br Ginting Munthe INSTITUT KESEHATAN MEDISTRA LUBUK PAKAM
  • Iskandar Markus Sembiring INSTITUT KESEHATAN MEDISTRA LUBUK PAKAM
Keywords: penyuluhan, pergaulan, bermedia sosial

Abstract

Pembatasan diri dalam pergaulan dan bermedia sosial merupakan hal yang perlu dilakukan oleh semua lapisan masyarakat dan berbagai tingkatan usia, baik itu dari usia anak-anak, remaja, maupun dewasa. Oleh karena itu penulis melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan tentang pentingnya membatasi diri dalam pergaulan dan bermedia sosial di lembaga kursus UTC yang tujuannya untuk memberikan arahan dan bimbingan dalam bergaul dan bermedia sosial, khususnya kepada seluruh peserta didik di lembaga kursus UTC, sehingga peserta didik mengetahui tentang bahaya pergaulan bebas serta lebih bijak dalam bermedia sosial. Metode yang digunakan dalam kegiatan penyuluhan antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab dan metode interaktif. Hasil dari pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah bahwasanya setelah diberikan penyuluhan, peserta telah memahami tentang pentingnya membatasi diri dalam pergaulan sehingga nantinya tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang dapat menimbulkan dampak negatif  bagi diri sendiri dan orang lain, serta peserta penyuluhan sudah lebih memahami tentang pentingnya membatasi diri dalam bermedia sosial agar terhindar dari perselisihan dan berbagai tindakan kejahatan melalui media sosial.

References

Fitriani, F., Farisni, T. N., Yarmaliza, Y., Zakiyuddin, Z., & Reynaldi, F. (2020). Edukasi Bahaya Pergaulan Bebas Terhadap Penyakit Menular Seksual (PMS) Pada Siswa SMPN II Meurebo. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 122-126.
Lensoni, L., Zannah, R., Syahputra, M. R., Safitri, E., & Arham, N. (2021). Dampak Penyuluhan Bahaya Narkoba, Gadget, Pergaulan Bebas Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Di Smk Pp Negeri Saree. Malahayati Nursing Journal, 3(3), 445-451.
Lubis, A. F., Gany, R., Sakti, G. P., Lestari, N. A., & Al Qudsi, M. A. (2022, November). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EDUKASI BAHAYA PERGAULAN BEBAS PADA USIA REMAJA DI SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Nurhasto, I. Y., Wahyuningrum, D., & Handayani, S. (2009). Pengaruh penyuluhan tentang bahaya seks bebas terhadap sikap remaja dalam seks bebas di SMS NI Wedi Klaten. Motorik, 4(8), 153487.
Rofii, A., Herdiawan, R. D., Nurhidayat, E., Fakhrudin, A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2021). Penyuluhan Tentang Bahaya Pergaulan Bebas Dan Bijak Bermedia Sosial. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 825-832.
Sakti, G. P., Lestari, N. A., & Al Qudsi, M. A. (2022, October). PENYULUHAN BAHAYA PERGAULAN BEBAS PADA USIA REMAJA DI SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Wardani, S. P. D. K., & Fitri, D. M. (2021). Edukasi tentang Pergaulan Remaja yang Sehat di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Abdi Wiralodra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-70.
Published
2023-07-16
How to Cite
SAFITRI, R., Munthe, N., & Sembiring, I. (2023). P Penyuluhan Tentang Pentingnya Membatasi Diri Dalam Pergaulan Dan Bermedia Sosial di Lembaga Kursus Universal Technology Computer (UTC). Jurnal Pengabdian Kesehatan (JUPKes), 2(2), 12-16. https://doi.org/10.52317/jupkes.v2i2.540