BAKTI SOSIAL PEMERIKSAAN KESEHATAN, PENYULUHAN, DAN SENAM LANSIA DI PAROKI SANTO PETRUS CINTA DAMAI

  • Paska Ramawati Situmorang STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Jev Boris STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Rotua Elvina Pakpahan STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Murni Sari Dewi Simanullang STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Mardiati Barus STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Vina Yolanda Sari Sigalingging STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: pemeriksaan kesehatan, penyuluhan, senam, lansia.

Abstract

Lansia atau lanjut usia adalah kelompok umur pada manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya. Secara alamiah semua orang akan mengalami proses menjadi tua dan tidak dapat dicegah. Pertambahan usia mengakibatkan fungsi fisiologis mengalami penurunan akibat proses degeneratif (penuaan), sehingga penyakit tidak menular banyak diderita oleh lansia. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya pemeliharaan kesehatan lansia untuk tetap hidup sehat dan produktif. Kegiatan bakti sosial ini bekerja sama dengan tenaga kesehatan dokter dan perawat. Metode pelaksanaan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi penyuluhan kesehatan, lalu kegiatan senam lansia. Lansia cukup antusias mengikuti rangkaian kegiatan, baik saat penyuluhan dan senam dilakukan. Kegiatan ini memberikan manfaat yang positif bagi lansia diantaranya lansia dapat mengetahui kondisi tubuhnya melalui pemeriksaan kesehatan, meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang penyakit yang dialami, serta menjaga kesehatan jasmani dengan senam. Diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin sehingga pemeliharaan kesehatan lansia dapat lebih optimal.

References

Dewi, Siti Utami., dkk. (2022). Keperawatan Gerontik. Global Eksekutif Teknologi.
Ekasari, Mia Fatma., Riasmini, Ni Made., & Hartini, Tien. (2018). Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia. Konsep dan Berbagai Strategi Intervensi. Penerbit Wineka Media.
Fakhruddin, H., & Berawi, K. N. (2013). Pengaruh Senam Jantung Sehat Terhadap Kadar Glukosa Darah Puasa pada Lansia di Panti Sosial dan Lanjut Usia Tresna Werdha ’Natar Lampung Selatan. Jurnal Majority, 2(5).
Fransina Latumahina, dkk. Peran Posyandu Lansia Terhadap Kesejahteraan Para Lansiadi Desa Ihamahu, Kec. Saparua Timur, Kab. Maluku Tengah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat Universitas Jambi ISSN (Print) 2580-1120 (Online) 2580-2178 Volume 6, Nomor 1, Juni2022.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2017.Jakarta:Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Nasrullah, Dede. (2016). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Edisi 1. Jakarta: Trans Info Media.
Nugroho,W.(2012).KeperawatanGerontik&Geriatrik.Edisi3.Jakarta:EGC
World Health Organization. (2018). Weekly Epidemiological Record. 93(35),445-6.
Published
2023-07-21
How to Cite
Situmorang, P., Boris, J., Pakpahan, R., Simanullang, M. S. D., Barus, M., & Sigalingging, V. Y. (2023). BAKTI SOSIAL PEMERIKSAAN KESEHATAN, PENYULUHAN, DAN SENAM LANSIA DI PAROKI SANTO PETRUS CINTA DAMAI. Jurnal Pengabdian Kesehatan (JUPKes), 2(2), 38-42. https://doi.org/10.52317/jupkes.v2i2.551