EDUKASI KESEHATAN PENGGUNAAN GADGET SEHAT PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TK GLORIA ANAK BANGSA PEMATANG SIANTAR

  • Lindawati Simorangkir Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Samfriati Sinurat Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Agustaria Ginting Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Friska Sri Handayani Ginting Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Lindawati Farida Tampubolon Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Sri Martini Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan
Keywords: Edukasi kesehatan, Penggunaan gadget Anak pra sekolah

Abstract

Penggunaan gadget saat ini sudah merambat ke dunia anak, sehingga menjadi tantangan bagi orang tua. Dampak negatif  penggunaan gadget seperti anak kurang interaksi dengan orang lain, gangguan kesehatan, mempengaruhi mental anak. Upaya yang dapat dilakukan yakni dengan memberi luang bagi anak untuk bermain dengan teman sebaya di luar rumah dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Populasi dalam penelitian ini anak usia pra sekolah di TK Gloria Anak Bangsa Pematang Siantar dengan metode ceramah dan diskusi dengan jumlah sampel sebanyak 25 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar anak TK Gloria Anak Bangsa Pematang Siantar mengerti dan memahami tentang penggunaan ganget yang sehat. Perlunya pendampingan anak dalam penggunan gadget pada anak

References

Adinda, R., Isni, F., & Anugrah, D. (2021). Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan, Kabupaten Subang. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Badan Pusat Statistik. (2021). Persentase Penduduk yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah 2019-2021. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/2/395/1/persentase-penduduk-yang-memiliki-menguasai-telepon-seluler-menurut-provinsi-dan-klasifikasi-daerah.html

Bidang, D., Dakwah, I., Oleh, K., Bimbingan, J., & Islam, K. (n.d.). PERAN ORANG TUA DALAM MENANGGULANGI KECANDUAN GADGET PADA ANAK DI KELURAHAN GOTONG ROYONG TANJUNG KARANG BANDAR LAMPUNG Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana S1.

Fitriani, R., Utami, N., & Suhirman, S. (2021). Pengembangan Media Smart Roullete Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 5(02), 416–424.

Keperawatan Muhammadiyah, J., Kusuma Rini, M., & Huriah, T. (n.d.). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. In Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (Vol. 5, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 6(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273

Newzoo. (2021). Newzoo Global Mobile Market Report 2021. Newzoo. https://newzoo.com/insights/trend-reports/newzoo-global-mobile-market-report-2021-free-version

Pardede, R., & Watini, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4728–4735.

Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. 169(Icece 2017), 224–227. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.58

Widiyawati, W., Widiharti, & S, F. F. (2021). Factors Affecting Psychosocial Problems on the College Students Who Experience Smartphone Addiction. 585, 482–487.

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. 13(1).
Published
2024-07-09
How to Cite
Simorangkir, L., Sinurat, S., Ginting, A., Ginting, F., Tampubolon, L., & Martini, S. (2024). EDUKASI KESEHATAN PENGGUNAAN GADGET SEHAT PADA ANAK PRA SEKOLAH DI TK GLORIA ANAK BANGSA PEMATANG SIANTAR. Jurnal Pengabdian Kesehatan (JUPKes), 3(2), 35-39. https://doi.org/10.52317/jupkes.v3i2.639

Most read articles by the same author(s)